Sunday, July 4, 2010

Resensi Game Online Audition Ayodance

Game online yang dihadirkan oleh PT. Megaxus Infotech ini merupakan sebuah game online yang menemakan seputar dance music video game yang dibuat oleh T3 Entertainment dengan publisher Yedang Entertaiment yang berposisi di Korea. Dari judul gamenya, Audition AyoDance mengingatkan kita tentang sebuah acara Let's Dance disalah satu stasiun televisi swasta ditanah air. Yup secara garis besar permainan dari game online ini adalah menari dengan diikuti irama musik. Penasaran, mari kita simak lebih lanjut. Pada tanggal 9 Desember 2006 merupakan tanggal dimulainya closed beta dari game online ini. Di tahap closed beta, pemain bisa mencoba permainan game online ini pada beberapa cyber yang tertentu. Dan untungnya saya berhasil mencoba game online ini disalah satu cyber ternama dikota saya. Untuk mendapatkan list lengkap daftar cyber yang telah memiliki game online Audition AyoDance tahap closed beta, pemain dapat melihatnya di situs resmi, yaitu Audition : AyoDance - Online Dance Battle Game Indonesia

Gameplay dari game ini memang tidak berbeda jauh dengan game - game dance lainnya seperti Dance Dance Revolution (DDR) atau Bust A Grove. Dimana pemain diharuskan menekan tombol - tombol pada keyboard untuk mengikuti barisan keynote yang muncul dilayar permainan. Pada dasarnya pola keynote hanya terdiri atas 4 buah saja (4D) yaitu panah atas, panah bawah, panah kiri, dan panah kanan. Namun nantinya juga akan muncul panah diagonal, seperti panah kiri atas, panah kiri bawah, panah kanan atas, dan panah kanan bawah. Setelah itu, pemain juga harus menyesuaikan bola beat yang bergerak pada bar beat yang teletak pada bagian atas bar keynote. Jika bola beat tersebut mencapai area yang terang pada bar beat maka pemain diharuskan menekan tombol space untuk mendapatkan nilai seperti Perfect, Great, Cool. Dan jika pemain gagal memberikan ketepatan pada bar beat tersebut, maka pemain akan mendapatkan nilai seperti Miss, Bad dan karakter pemain akan berhenti menari hingga pola keynote berikutnya muncul. Dan jika pemain berhasil menyelesaikan gerakan dance hingga level 9, maka dilayar akan muncul tulisan Finish Move, dimana karakter pemain akan dapat melakukan gerakan terakhir atau penutup yang keren. Jadi, seberapa hebatnya karakter dancer menari-nari ditentukan oleh seberapa hebatnya pemain memainkan jari - jarinya pada tombol keyboard. Cukup mudah dan seru bukan.



Seperti pada game - game online lainnya, pada saat memulai permainan, pemain diharuskan untuk memasukan username dan password yang telah diregister disitus resmi Audition AyoDance. Setelah itu pemain dapat memilih salah satu dari beberapa server yang tersedia yang meliputi server Love, server Creative, server Stylish, server Trendy, server Friendship, server Honeymoon dan server Tournament. Bagi pemain pemula dianjurkan untuk mengunakan server Newbie yang ada pada masing-masing server tersebut, kecuali server Tournament. Server Newbie merupakan server bagi tingkatan level 1 hingga 5. Dan jika pemain ingin mendapatkan tantangan yang lebih seru dapat mengunjungi server Stylish, Creative dsb, dimana pada server ini tidak memiliki batasan level untuk memasukinya. Setelah memilih server, pemain akan memilih salah satu channel dari beberapa channel yang tersedia. Sebelum memilih channel, pemain dapat mengamati bar channel, dimana semakin penuh bar channel tersebut maka semakin banyak pemain yang bermain didalam channel tersebut.
Disamping itu, game online musik dance ini juga memiliki sebuah kota yang bernama AyoDance Town. Namun sebelum memasuki kota, pemain harus mempunyai karakter dancer untuk ditempatkan di AyoDance Town. Cara membuat karakter pada game ini cukup gampang dan mirip dengan game - game online lainnya, dimana pemain harus mempersonalisasi karakternya mulai dari rambut, top (baju), bottom (celana), sepatu, skin, hingga muka. Setelah semuanya sesuai dengan keinginan, pemain hanya tinggal mengklik tombol Confirm untuk menyetujuinya.

Saat memasuki kota ini terdapat beberapa bangunan dan untuk memasukinya, pemain hanya tinggal mengerakan kursor mouse ke bangunan yang diinginkan dan bangunan tersebut akan tampil lebih terang dibandingkan dengan yang lain dan kemudian tekan klik untuk masuk kedalam. Bangunan yang terdapat pada kota tersebut meliputi Dancing Hall (dimana bangunan ini teletak pada bagian tengah kota dan yang merupakan paling megah, ditempat inilah pemain akan mempertunjukan keahliannya dalam menari), Shopping Mall (ditempat ini, pemain bisa mendapatkan berbagai macam aksesoris untuk mendandani karakternya dibagi menjadi 2, avatar den dan avatar mi-cash), Club Office (ini merupakan tempat club atau komunitas yang dibuat oleh masing-masing dancer), Ranking Board (sebenarnya ini bukan merupakan bangunan, melainkan tempat melihat ranking pemain dan pemain lainnya), Dance Studio (tempat dancer untuk melihat gerakan serta keynote 4 arah dan 8 arah).


Setelah memasuki Dancing Hall, pemain dapat membuat room sendiri dengan memilih mode permainan, menentukan judul musik, dan menentukan stage atau panggung yang diinginkan. Atau jika pemain tidak ingin roomnya dimasuki oleh pemain yang tidak dikenal dapat mengunakan fasilitas password, sehingga pemain yang memiliki password hanya dapat memasuki room tersebut. Dan jika pemain malas membuat room, pemain dapat memilih opsi Random untuk masuk ke room yang telah dibuat oleh pemain lainnya. Setelah selesai membuat room, pemain akan memasuki waiting room, di dalam waiting room pemain bisa mengunakan fasilitas chating sambil menungu pemain lainnya. Pemain yang membuat room akan menjadi DJ room tersebut dan setelah beberapa pemain lain berada di room tersebut dan telah lengkap maka DJ room dapat segera memulai permainan.


Mode Bermain dibagi menjadi dua jenis, yaitu mode Single dan mode Group.
Mode Single
Sangat esesensial dimana setiap individu bermain dan berkompetisi untuk mencapai skor tertinggi dalam ruangan tersebut. Anda bisa bermain mode ini sendirian, tetapi anda tidak akan menerima point exp atau den (hadiah uang dalam game ini)

Practice Mode-8
Pemain bermain menggunakan 8 kunci gerakan dengan mode bermain ekslusif. Mode ini hampir sama dengan diatas, kecuali anda haru menekan dengan Numpad karena ada delapan arah keynote.

Normal Play
Sebenarnya campuran dari Freestyle dan mode Dance Competition. Pemain melanjutkan ke tingkat lebih tinggi dengan memulai dari level 1 sampai 7 kemudian Freestyle. Lalu dilanjutkan Level 8 sampai 8 kemudian Freestyle2. Freestyle memperbolehkan pemain memasuki level 6 dan level 7, sementara Freestyle2 melarang gerakan level 8 dan 9. Setelah Freestyle2 pemain dapat melakukan tiga Finsih Moves. Kapanpun selama lagu berjalan pemain dapat mengganti mode antara 4 keynote menjadi 8 keynote atau sebaliknya dengan menekan tombol Insert. Ketika anda miss, anda akan tidak dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Freestyle Battle / Crazy Freestyle
Pemain melalaui semua level dengan memasukkan keynote sesuai dengan pilihannya. Gaya dancer karakter akan tergantung keynote yang anda masukkan.

Dance Competition
Semua pemain measuki hanya 1 Gerakan, dan mempunyai gerakan menari yang sama. Hanya 4 arah keynote saja di mode ini. Dari keynote level 1 hingga level 9 sampai Finish Move

Dance Battle - Advanced
Sesuai namanya, mode ini menggunakan keynote campuran (4 arah dan 8 arah) arah keynote. Finish Move selalu dalam 8 arah keynote.

Dance Competition – 8 Direction
Sebuah mode ekslusif 8 arah keynote yang dimulai dengan Level 6.

Crazy Dance-4 / Crazy Dance-8
Mode ekslusif dengan keynote hingga level 10 dan level 11 serta 2 Finish Move (pada akhir level 9 dan akhir level 11)

Dynamic-4 / Dynamic-8
Tipe bermain yang mirip dengan Dance Competition dimana pemain juga bisa melakukan gerakan Freestyle(memilik poin lebih dari normalnya). Mode ini bisa dimainkan dengan 4 atau 8 arah keynote. Gerakan Freestyle bisa dalam model 4 atau 8 arah keynote.

Crazy Dynamic-4D / Crazy Dynamic-8D
Tipe bermain sama dengan Crazy Dance-4 / Crazy Dance-8 dimana pemain juga bisa melakukan gerakan Freestyle(memilik poin lebih dari normalnya). Mode ini bisa dimainkan dengan 4 atau 8 arah keynote. Gerakan Freestyle bisa dalam model 4 atau 8 arah keynote dan keynote level hingga level 11 .
Masih ada beberapa mode lain seperti One-Two Party, Beat Up dsb.


Mode Grup
Mode ini Menambahkan kerjasama Tim. Tim dibagi menjadi 2 Tim Merah dan Tim Biru. Tim Merah dan Biru jumlahnya harus sama agra dapat memulai permainan.


Salah satu mode yang cukup menantang adalah Bboy Battle.
B-Boy Battle (4) atau (8)
Anda dapat memilih B-Boy Mode di dalam Waiting Room. Ada 2 jenis B-Boy Mode, yaitu B-Boy 4-D dan B-Boy 8-D. Pada saat pertandingan dimulai, koin akan dilempar terlebih dulu untuk menentukan siapakah yang memulai permainan. Misal :Team Merah yang memenangkan koin tersebut akan mengawali B-Boy Mode dengan menggunakan pola Keynote Freestyle. Pola Keynote tersebut akan ditunjukkan sekilas kepada team Blue. Dan team Blue harus mengingat pola Keynote yang ditampilkan sekilas tersebut. Pada saat pola Keynote yang ditampilkan hilang, team Blue harus segera memasukkan pola Keynote yang sesuai dengan pola Keynote yang telah ditampilkan tadi. Apabila team Blue dapat memasukkan pola Keynote dengan tepat, maka akan muncul pesan “Counter Move”. Bersamaan dengan pesan itu, Dancer anda akan maju ke depan dan melakukan “Counter Move”. Bila setiap Dancer di team Blue mampu melakukan “Counter Move”, maka pesan yang akan ditampilkan adalah “Max Counter !”. Semua anggota Team Blue juga akan mendapatkan nilai tambahan, yaitu 1,5 kali dari nilai putaran tersebut.

Berikut adalah beberapa Screen Shoot dari Audition AyoDance.

Tampilan login game.














Tampilan memilih server.














Tampilan AyoDance Town.














Tampilan didalam room.














Tampilan permainan dengan mode Crazy Dynamic-8D














0 comments:

Post a Comment